Selamat Datang di Inpensil

Assalamu’alaikum!
Hai yang di sana, selamat datang di Inpensil. 😀

Perkenalkan, nama saya Ardi. Sebagai perkenalan singkat, saya adalah seseorang yang antusias dengan yang namanya pengembangan software, baik dari sisi teknologi maupun prosesnya. Ketertarikan itu membuat saya akhirnya memutuskan kuliah lagi untuk belajar banyak hal mengenai software. Saat tulisan ini dibuat, saya merupakan mahasiswa di S2 Magister Teknologi Informasi (MTI) Universitas Indonesia. Yay, I love to learn new things. 🙂

Untuk kamu yang bertanya-tanya tentang blog apakah ini, Inpensil adalah sebuah blog yang didedikasikan untuk menulis hal-hal mengenai software process dan practice-nya sehari-hari untuk menghasilkan software yang lebih baik. Di sini saya akan membahas berbagai macam pendekatan pengembangan software mulai dari konsepnya, filosofi di baliknya, hingga practice-nya. Saya juga akan berbagi pengalaman saat mengembangkan software sehari-hari dan tantangan-tantangan yang dihadapi. Meski berbicara mengenai software, tulisan di Inpensil akan dikemas dalam bahasa yang ringan dan sederhana. Haha, mudah-mudahan.

Tulisan di Inpensil dibuat untuk siapapun yang pernah, sedang, atau akan terlibat di pengembangan software dan ingin proses pengembangan software-nya menjadi lebih baik, entah kamu berperan sebagai Software Developer, UI/UX Designer, Business Analyst, System Analyst, Product Manager, Project Manager, atau bahkan User atau Client. Melalui tulisan di Inpensil, saya bersemangat untuk berbagi apa yang saya ketahui dan pengalaman yang saya alami mengenai dunia software process dan practice-nya. Tulisan di Inpensil tidak hanya melihat dari sudut pandang process melainkan juga akan melihat dari sudut pandang manusia (people) yang terlibat dalam proses tersebut. Saya berharap tulisan dan diskusi di sini bisa membantu proses pengembangan software menjadi lebih baik dan juga lebih menyenangkan di organisasi kita masing-masing. Dengan pengetahuan mengenai software process yang mumpuni dan implementasinya yang sesuai dengan kondisi organisasi masing-masing, produk aplikasi yang dihasilkan dari proses pengembangan software yang baik adalah produk yang sesuai dengan kebutuhan pengguna dan berkualitas tinggi. Produk aplikasi tersebut pada akhirnya akan memberikan value bagi penggunanya. Dengan kata lain, produk aplikasi tersebut memiliki nilai manfaat bagi penggunanya dan juga memberikan kemudahan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai gambaran, kira-kira topik apa aja sih yang akan dibahas di sini? Banyak topik terkini yang terkait dengan Agile yang ingin saya tuliskan seperti Scrum, XP (eXtreme Programming), User Story, Kanban, dan lainnya. Tidak hanya tentang Agile, saya juga ingin menuliskan tentang Lean Process, RUP (Rational Unified Process), Waterfall, Spiral, Use Case, bahkan juga Process Improvement seperti CMMI (Capacility Maturity Model Integration). Tidak lupa juga hal-hal yang berkaitan dengan testing process seperti TDD (Test-Driven Development) dan teamwork management. Ya apapun yang terkait dengan software process dan practice-nya deh. Haha. :mrgreen:

Saat ini tulisan di blog ini ditulis oleh saya sendiri. Ke depannya mudah-mudahan ada penulis lain yang nimbrung menulis di blog ini. Jika kamu mau ikutan menyumbangkan tulisan di Inpensil atau sekedar berdiskusi dengan saya, boleh atuh kirim email ke ardi.alhaidar@gmail.com. Kamu juga bisa say hi di @ardialhaidar. xD

Mudah-mudahan konten yang ada di blog ini bermanfaat dan menginspirasi untuk melakukan perbaikan pada software process dan practice-nya di organisasi kita masing-masing. Ke depannya, semoga makin banyak organisasi yang memiliki proses pengembangan software yang baik dan juga menghasilkan produk aplikasi yang baik. So what do you think? silakan sampaikan di kolom komentar.

Happy learning!

Leave a comment